SEG 2019

June 11th, 2019

Program pengembangan dan peningkatan ketrampilan promosi dagang untuk kementerian kelautan dan perikanan (KKP) dalam acara Seafood Expo Global (SEG) 2019 

SIPPO salah satu program dari Swisscontact – Indonesia telah memfasilitasi kegiatan Kementerian Kelautan dan Perikanan Indonesia di pameran dagang SeaFood Expo Global (SEG) di Brussel, Belgia mulai tanggal 7 sampai 9 May 2019. Pameran dagang SEG adalah salah satu pameran hasil laut dan sektor perikanan terbesar di dunia dimana kurang lebih ada 1,940 perusahaan dari 78 negara yang turut berpartisipasi dalam acara pameran dagang tersebut. Di SEG 2019 kementerian kelautan dan perikanan Indonesia mempromosikan sektor perikanan dan hasil laut Indonesia ke pada pasar global dengan menyajikan 11 perusahaan perikanan yang mempunyai kridibilitas ekspor,  satu perusahaan penghasil rumput laut siap saji dan satu asosiasi tuna tangkap tangan.

Dalam acara tersebut, SIPPO membantu kementerian kelautan dan perikanan dalam mempromosikan anjungan negara Indonesia (country pavilion) kepada eksporter dari Eropa dan negara lain nya, bantuan tersebut mulai dari persiapan pameran, di pameran serta sampai tindak lanjut setelah pameran. Selain itu, SIPPO dan FAO juga memperkenalkan prinsip-prinsip dan arahan sektor perikanan dan hasil laut yang berkelanjutan kepada delegasi kementerikan kelautan dan perikanan yang hadir dalam acara pameran dagang SEG 2019, hal ini dilakukan untuk memperkaya kasanah dan melengkapi prinsip-prinsip sektor perikanan dan hasil laut berkelanjutan yang dimiliki oleh kementerian kelautan dan perikanan Indonesia.

Salah satu mandat terpenting dalam acara ini adalah SIPPO telah telah memberikan proses pelatihan dan pengkayaan pengalaman kepada staff kementerian kelautan dan perikanan untuk mempromosikan anjungan negara Indonesia (country pavilion) supaya pembeli/eksporter international dan pemangku kepentingan sektor perikanan dan hasil laut datang dan mengujunngi anjuan negara Indonesia. SIPPO melalui tenaga ahli nya memberikan proses pembelajaran kepada staf kementerian kelautan dan perikanan mulai dari tahap persiapan dan tahap tindak lanjut setelah pameran. Harapan SIPPO, pengetahuan dan ketrampilan yang didapat oleh staf kementerian kelautan dan perikanan ini menjadi modal untuk kementerian kelautan dan perikanan dalam melakukan promosi dagang di masa yang akan datang.