Penilaian proyek SIPPO dimasa pandemic Corona: SIPPO Indonesia telah sukes memfasilitasi tim penilai dari konsultan COMO dan ITC (International Trade Center) dalam melakukan diskusi virtual yang produktif.

June 9th, 2020

Untuk menerapkan pedekatan meso dan menjalankan mandat nya, SIPPO Indonesia  bekerja sama dengan empat organisasi  mulai  April 2017, dimana mandate ini akan berakhir pada tahun 2020, Untuk itu, SIPPO dan donor ingin mengetahui kesan dan persepsi dari ke empat organisasi tersebut secara independen terhadap penerapan program SIPPO, sejalan dengan aktivitas tersebut, SIPPO juga membuka diri untuk bekerja sama dengan organisasi lain untuk periode program SIPPO berikut nya.  

Untuk menunjang masa transisi tersebut, SIPPO Indonesia memfasilitasi penilaian yang memadai dengan melakukan penilaian secara internal dan external. Tim penilai external dilakuka oleh persuhaan konsultan dari SWISS yaitu COMO yang ditugasi oleh SECO sebagai donor dari program SIPPO. Sementara itu, SIPPO secara internal melakukan penilain yang dilakukan oleh tim International Trace Center (ITC) yang merupakan bagian dari orgamiasi PBB yaitu World Trade Organization (WTO). ITC dan KOMO akan melakukan penilikan terhadap dua aspek utama yaitu 1) peningkatan keahlian dan pengetahuan tentang promosi dagang international dibandingkan sebelum melakukan kerja sama dengan SIPPO. 2) Mendapatkan masukan dan ide untuk program SIPPO periode berikut nya.      

Pada awalnya, penilikan ini akan dilakukan secara kombinasi yaitu pertemuan tatap muka dan virtual dengan BSO. Karena masa pandemik COVID-19, akhirnya semua penilikan dilakukan secara virtual. Kami semua memahami keterbatasan penilikan dilakukan secara virtual, oleh karena itu, SIPPO Indonesia harus bisa memfasilitasi penilikan ini agar berjalan lancar dan produktif.  Pada akhirnya, SIPPO Indonesia berhasil memfasilitasi 11 pertemuan dan diskusi secara virtual dengan melibatkan anggota BSO terkait, konsultan dari COMO, ITC dan tim SIPPO. Untuk itu, SIPPO mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalam nya kepada semua BSO atas partisipasi aktif nya dalam pelaksanaan penilikan dimasa pandemic COVID-19 ini.