Acara Misi Dagang SIPPO dan DAI, 24-26 April 2018, di Yogyakarta

May 24th, 2018

SIPPO membantu DAI untuk memperkuat hubungan dagang antara produsen minyak atsiri Indonesia dengan pembeli dari mancanegara.

Dewan Atsiri Indonesia (DAI) yang dibantu oleh SIPPO Indonesia telah berhasil mempertemukan pengusaha minyak atsiri dan turunannya dengan pembeli dari manca negara. SIPPO membantu DAI melalui training dan menyiapkan tenaga konsultan senior dari ProFound – Belanda untuk mendatangkan pembeli minyak atsiri dari Perancis, Slovenia and Myanmar.

Tujuan dari acara ini adalah untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan DAI untuk memberikan pelayanan promosi ekpor yang menitik beratkan pada tata cara melakukan  misidagang sekaligus temu dagang yang profesional kepada seluruh anggota DAI.   

Hari pertama  tanggal 24 April, acara ini di isi dengan seminar interaktif yang di hadiri oleh produsen minyak atsiri, pembeli mancanegara, konsultan senior dan seorang ahli sertifikasi organik dan seminar ini di sebut “buyer roundtable”.  Seminar ini memberikan kesempatan kepada semua pihak untuk berdiskusi secara nyata mengenai harapan dan tren pasar mengenai sertifikasi organik dan juga mendiskusikan tentang bagaimana mendapatkan sertifikat organic yang di akui secara International.

Dalam acara buyer roundtable tersebut, DAI menjelaskan mengenai rantai nilai dan produk unggulan minyak atsiri Indonesia berserta produk turunnan nya untuk periode saat ini dan masa yang akan datang.  Paparan dari DAI juga mempromosikan produsen minyak atsiri Indonesia dan memberikan pandangan mengenai kesempatan para pembeli internasional untuk membeli minyak atsiri serta turunannya dari Indonesia.  Pada kesempatan yang sama,  konsultan senior, Mr. Robbie Hogervorst memberikan informasi  tentang kondisi pasar global untuk minyak atsiri dan turunannya. Selain itu, Bapak Winaryo dari badan sertifikasi internasional untuk organik (control union) memaparkan tentang persyaratan teknis dan administrasi untuk bisa mendapatkan sertifikasi organik internasional.

Dari tanggal 25 sampai 26 April, DAI memfasilitasi temu dagang antara 12 produsen minyak atsiri Indonesia yang siap ekspor dengan tiga pembeli mancanegara. Berikut adalah 12 produsen minyak atsiri Indonesia beserta turunannya yang juga sebagai anggota DAI:

PT. Indoharvest Spice

PT. Aroma Atsiri Indonesia

CV. Indaroma

PT Haldin Pacific Semesta

PT. Indowangi Nusajaya

PT. Van Aroma

PT. Mignon Sista International

PT. Natura Perisa Aroma

PT. Indesso Aroma

PT Aroma Atsiri Indonesia

PT. Natura Aromatik Nusantara

PT. Aroma Essence Prima

Selama acara temu dagang ini, pembeli dan produsen berdiskusi tentang permintaan dan kebutuhan produk minyak atsiri  baik di tingkat pasar global dan maupun regional sehingga para produsen minyak atsiri Indonesia yang berpartisipasi dalam acara temu dagang ini dapat menyesuaikan strategi bisnis nya untuk bisa memasuki pasar internasional dan regional. 

Agar acara temu dagang bisa berjalan dengan baik, Sutrisna dan Aris Darujo dari SIPPO Indonesia memberikan arahan serta tuntunan proses pelaksanaan temu dagang kepada produsen minyak atsiri Indonesia selama acara ini berlangsung.

Sebagai kelanjutan acara temu dagang, SIPPO Indonesia bersama Mr. Robbie Hogervorst akan mengadakan pelatihan tentang bagaimana membuat program temu dagang International yang efektif pada tanggal 31 May 2018 dan training ini akan diberikan melalui webinar untuk anggota DAI. Training ini akan memberikan pengetahuan teknis secara terstruktur mengenai proses atau tahapan dalam mengadakan acara temu dagang internasional sehingga di harapkan DAI bisa melakukan acara temu dagang internasional di masa yang akan datang

Setelah melakukan serangkaian acara misi dagang ini, DAI dan SIPPO yakin bahwa pengalamam dari pembelajaran dan pengetahuan yang didapat secara mumpuni dapat membantu DAI untuk:

  1. Memperluas jejaring bisnis dengan pembeli mancanegara dan tenaga ahli yang akan membentuk hubungan dagang antara pembeli manaca negara dengan produsen minyak atsiri serta turunannya.
  2. Memfokus kan bisnis minyak atsiri dan produk turunannya yang organik, ramah lingkungan dan bisnis yang bertanggung jawab sosial. 
  3. Mendapatkan informasi praktis tentang proses sertifikasi organik international dari pakar sertifikasi organik, sebagai tambahan di dalam acara ini produsen, buyer and pakar sertifikasi organic berkesempatan saling bertukar informasi mengenai persepsi dan tantangan tentang sertifikat organik internasional.